Monday 21 September 2015

MAKALAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN (PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI)

PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI
MAKALAH
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas matakuliah
“Teknologi Pembelajaran MI/SD”
Dosen Pengampu:
Indah Komsiyah,S.Pd, M.Pd
logo
Disusun Oleh:
1.      Iknatia Indani                  (1725143125)
2.      Mu’azarotul Husna         (1725143184)
3.      Nur Lu’aily Fauziyah     (1725143226)
Kelas II (Dua) B
Semester II ( Genap )
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah(PGMI)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
TULUNGAGUNG
APRIL 2015



                                             KATA PENGANTAR
Syukur alkhamdulilah, senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena hanya atas limpahan petunjuk dan pertolongan-Nya, maka penyusunan makalah dengan Judul “Pendidikan dalam Perspektif Teknologi” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Shalawat serta salam tidak lupa kami panjatkan kehadirat Nabi Agung Muhammad SAW, yang kita nantikan syafa’atnya di hari akhir nanti.
Tidak lupa penyusun ucapkan terimakasih kepada:      
1.      Dr. Mafthukin, M.Ag selaku Rektor IAIN Tulungagung, yang telah membina lembaga (tempat) kami menimba ilmu pengetahuan selama ini.
2.      Ibu Indah Komsiyah,S.Pd, M.Pd ,selaku dosen pengampu Matakuliah Teknologi Pembelajaran MI/SD yang telah  memberikan pengarahan dalam penyusunan makalah ini.
3.      Rekan-rekan kelompok dua yang telah membantu menyelesaikan makalah ini.
4.      Serta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini, kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, khususnya dari dosen mata kuliah guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi kami untuk lebih baik di masa yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua . Dan semoga Alloh SWT senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Amin ya robbal’alamin.
Tulungagung,  8 April 2015

Penyusun
DAFTAR ISI

Halaman judul................................................................................................ i
Kata Penghantar............................................................................................ ii
Daftar Isi........................................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................... 1
B. Rumusan Masalah......................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan Masalah............................................................. 2
D. Batasan Masalah........................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendidikan dan Teknologi.......................................... 3
B. Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan ............................... 4
C. Hubungan antara Pendidikan dan Teknologi................................ 6
E. Pengaplikasian Teknologi dalam Pendidikan................................ 7
D. Dampak Positif dan Negatif Teknologi dalam Pendidikan.......... 8

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................... 10
B. Saran ............................................................................................ 10
DAFTAR RUJUKAN







BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa, suatu bangsa bisa dikatakan maju apabila pendidikan dalam bangsa tersebut maju. Seiring perkembangan globalisasi dan IPTEK, pendidikan terus berjalan sesuai perkembangan zaman.
Di era baru dalam dunia pendidikan ini telah diperkenalkan  reformasi pendidikan yang berkaitan erat dengan teknologi-teknologi yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia pendidikan. Teknologi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan pendidikan. Teknologi bisa digunakan oleh semua kalangan di dunia pendidikan.
Pendidikan dan Teknologi merupakan suatu unsur yang sangat penting dan saling berkaitan dalam perkembangannya. Diperlukan suatu pembahasan khusus mengenai pendidikan dan teknologi. Oleh sebab itu, dalam pembahasan ini, kami mengambil tema mengenai pendidikan dalam perspektif teknologi.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas , kami mengambil beberapa rumusan masalah yang  berkaitan tema ini yaitu:
1.      Bagaimana pengertian pendidikan dan teknologi?
2.      Bagaimana perkembangan teknologi dalam pendidikan ?
3.      Bagaimana hubungan antara pendidikan dan teknologi?
4.      Bagaimana pengaplikasian teknologi dalam pendidikan?
5.      Bagaimana dampak positif dan negatif teknologi dalam pendidikan ?


C.     Tujuan Penulisan Masalah
Dari rumusan masalah di atas, dapat dituliskan tujuan penulisan masalah dalam makalah ini yaitu:
1.      Mengetahui pengertian pendidikan dan teknologi
2.      Mengetahui perkembangan teknologi dalam pendidikan
3.      Mengetahui hubungan  antara pendidikan dan teknologi
4.      Mengetahui pengaplikasian teknologi dalam pendidikan
5.      Mengetahui dampak positif dan negatif teknologi dalam pendidikan

D.    Batasan Masalah
Makalah ini hanya membahas mengenai pengertian pendidikan dan teknologi, perkembangan teknologi dalam pendidikan, hubungan antara  pendidikan dan teknologi, pengaplikasian teknologi dalam pendidikan serta dampak positif dan negatif teknologi dalam pendidikan.














BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian  Pendidikan dan Teknologi
Pendidikan merupakan suatu proses penting dalam kehidupan. Pendidikan merupakan wahana penting untuk menghasilkan sumber daya pembangunan. Untuk itu, marilah kita pahami apa pengertian pendididkan.
Secara etimologis, pendidikan berasal dari bahasa yunani  “paedagogike”. Ini adalah kata majemuk yang terdiri dari kata “paes” yang berarti “anak” dan kata “ago” yang berarti “aku membimbing”. Jadi Paedagogike berarti aku membimbing anak.[1]
Sedangkan pengertian pendidikan secara terminologi dapat terbagi menjadi dua arti, yaitu:
1.      Pengertian Pendidikan dalam Arti Luas
Pendidikan adalah hidup. Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu.
2.      Pengertian Pendidikan dalam Arti Sempit
Pendidikan adalah sekolah. Pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan adalah segala pengaruh yang diupayakan sekolah terhadap anak dan remaja yang diserahkan kepadanya agar mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap hubungan-hubungan dan tugas-tugas sosial mereka.[2]



Dalam pembahasan berikutnya adalah mengenai pengertian teknologi. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah “teknologi”.  Untuk itu marilah kita pahami mengenai pengertian teknologi.[3]
Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani technologia yang menurut Webster Dictionary berarti Systematic treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, sedang techne sebagai kata dasar kata teknologi berarti art, skill, science  atau keahlian, keterampilan, ilmu.[4]
Teknologi dapat dijadikan alat untuk pemanfaatan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. teknologi adalah penerapan ilmu atau pengetahuan yang terorganisir secara sistematis untuk penyelesaian tugas-tugas secara praktis. Praktik penggunaan teknologi akan meningkatkan nilai tambah terhadap produk ilmu pengetahuan Teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat elektronik atau mesin.[5]
B.     Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan
Perkembangan teknologi terutama dibidang informasi dan komunikasi semakin pesat menyebabkan dunia menjadi semakin sempit. Interaksi antar bangsa semakin mudah dan globalisasipun tidak dapat dihindari oleh bangsa manapun.
Perkembangan teknologi mengalami perubahan dari masa ke masa. Perkembangan tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1.      Perkembangan teknologi pada masa lalu
            Pada masa lalu, perkembangan teknologi ditandai dengan diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
2.      Perkembangan teknologi pada masa sekarang
            Perkembangan teknologi informasi pada masa sekarang sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Diantara penggunaan telepon seluler dan internet. Hampir semua orang sudah bisa menggunakan media teknologi informasi tersebut. Perkembangan teknologi saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa/pelajar dengan dosennya/guru.
3.      Perkembangan teknologi pada masa mendatang.
            Salah satu perpektif teknologi dalam pendidikan masa mendatang yaitu virtual school dan virtual university. Virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi internet. Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, dari mana saja.[6]
Pada era globalisasi, ada kecenderungan kuat terjadinya proses universalisasi yang melanda seluruh aspek kehidupan manusia. Salah satu implikasinya terlihat pada gaya hidp global seperti makanan, pakaian, gaya hidup maupun musik. Anak-anak kecil dengan mudah dapat melihat film-film kartun mancanegara, kita bisa mengetahui dan ikut menikmati berbagai jenis makanan dari berbagai bangsa, dan demam mode dunia melanda semua negara adalah contoh dari pengaruh globalisasi yang tak bisa dihindarkan dari negara kita.

Banyak hal yang perlu kita cermati agar sebagai bangsa kita tidak tertinggal oleh hal-hal baru yang terjadi secara global sehingga kita bisa beradaptasi dengan negara-negara lain didunia. Disisi lain kita pun harus punya filter agar pengaruh globalisasi yang negatif tidak mempengaruhi kehidupan kita dan kita tetap bisa melestarikan budaya bangsa.
Dibidang pendidikan, peran guru untuk mendidik peserta didik menjadi manusia yang selalu mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan akar budaya sangat penting dalam menentukan perjalanan penerus bangsa. Guru dituntut menjadi pendidik yang bisa menjembatani kepentingan-kepentingan itu.tentu saja melalui usaha-usaha nyata yang bisa diterapkan dalam mendidik peserta didiknya. [7]
Dari sini kita bisa melihat perkembangan teknologi yang begitu pesat seiring arus globalisasi yang secara otomatis akan berdampak pada segala kawasan, begitu juga pada kawasan pendidikan  ikut berdampak pada perkembangan pendidikan pula.
C.     Hubungan antara Pendidikan dan Teknologi
Terdapat hubungan yang erat antara pendidikan dengan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). Ilmu pengetahuan merupakan eksplorasi secara sistem dan terorganisasi mengenai alam semesta, dan teknologi adalah penerapan yang direncanakan dari ilmu pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan hidup bermasyarakat.
Sebagai contoh betapa eratnya hubungan antara pendidikan dengan iptek itu, misalnya sering suatu teknologi baru yang digunakan dalam suatu proses produksi menimbulkan kondisi ekonomi sosial baru lantaran perubahan persyaratan kerja, dan mungkin juga penguraian jumlah tenaga kerja atau jam kerja, kebutuhan bahan-bahan baru, sistem pelayanan baru, sampai kepada berkembangnya gaya hidup baru, kondisi tersebut minimal dapat mempengaruhi perubahan isi pendidikan dan metodenya, bahkan mungkin rumusan baru tunjangan pendidikan, otomatis juga sarana penunjangnya seperti sarana laboratorium. [8]
Dari contoh di atas dapat dipahami bahwa pendidikan dan teknologi memiliki kaitan/hubungan yang sangat besar. Perubahan yang terjadi pada teknologi akan berpengaruh pada pendidikan, begitu sebaliknya.
D.    Pengaplikasian Teknologi dalam Pendidikan
Sebagaimana uraian di atas, pendidikan dan teknologi sangat berkaitan, dan saling berpengaruh. Teknologi bisa di aplikasikan dalam berbagai aspek pendidikan, sebagai contoh pengaplikasian ini adalah dalam aspek model pembelajaran adalah model pembelajaran e-learning yang mana sistem pendidikan dalam pembelajaran ini menggunakan teknologi modern yang berupa internet.
Proses pembelajaran yang dilakukan dengan  pendekatan e-learning tidak dapat disamakan dengan lembaga pendidikan pada umumnya, juga berbeda dengan pola pembelajaran konvensional yang hanya menggunakan metode tatap muka. Proses pembelajaran e-learning adalah perpaduan antara metode tatap muka dengan metode on line (via internet dan berbagai pengembangan teknologi informasi lainnya). Metode pembelajaran tradisional saat ini memerlukan sebuah perubahan dalam kaitannya dengan proses adaptif dan mempersiapkan para pesertadidik agar siap menjadi knowledge workers, di mana ilmu pengetahuan menjadi faktor yang sangat penting. Berdasarkan penelitian UNESCO dan World Bank bahwa pada Negara berkembang sangat diperlukan adanya perubahan pendekatan dan paradigm pembelajaran. Jika tidak demikian, Negara berkembang tidak akan mampu bersaing di era ekonomi yang berlandaskan ilmu pengetahuan (knowledge economic era). Era tersebut mengharuskan para pekerjanya secara cepat menemukan berbagai informasi yang diperlukan, menimbang dan mengevaluasi informasi tersebut agar memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan tidak biasa, serta menggunakan infoprmasi tersebut untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.[9]
Dari uraian di atas dapat kita pahami bahwa model pembelajaran e-learning merupakan salah satu pengaplikasian teknologi dalam pendidikan.
E.     Dampak Positif dan Negatif Teknologi dalam Pendidikan
Setiap perubahan tentunya akan membawa suatu dampak yang begitu besar, dampak itu bisa berupa dampak positif dan negatife.
Dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi masa kini:
1.      Dampak positifnya:
a.       Dalam dunia pendidikan, teknologi sebagai peralatan untuk mewakili gagasan pelajar,
b.      Sebagai mendukung organisir produksi multimedia sebagai dasar pengetahuan pelajar
c.       Teknologi juga sebagai sarana mengakses informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar,
d.      Untuk perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
e.       Teknologi dapat meningkatkan efektifitas dan efisien proses belajar mengajar,
f.       Teknologi dalam pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
g.      Teknologi dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
h.      Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
i.        Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp, dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
j.        Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
k.      Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
l.        Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan kebudayaan, dan lain-lain.
2.      Dampak negatifnya:
a.       Pihak guru yang tidak bisa mengoperasikan/menguasai elektronika akan tertinggal oleh siswa.
b.      Teknologi dalam pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih kurang.
c.       Teknologi yang baik (hardware maupun software) membutuhkan biaya yang mahal.
d.      Penggunaan teknologi dalam pendidikan memerlukan kontrol yang tinggi dari guru atau orang tua.
e.       Siswa yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi cenderung gagal.
f.       Internet identik dengan pornografi yang berpengaruh buruk terhadap siswa yang belum semestinya (dibawah umur).[10]


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Pengertian pendidikan yaitu suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan disengaja untuk meningkatkan pengetahuan atau sumber daya manusia.
Pengertian teknologi adalah segala sesuatu yang dapat membantu dan mempermudah suatu usaha atau suatu kegiatan.
2.      Perkembangan teknologi mengalami perubahan dari masa ke masa.
3.      Pendidikan dan teknologi memiliki kaitan/hubungan yang sangat besar. Perubahan yang terjadi pada teknologi akan berpengaruh pada pendidikan, begitu sebaliknya.
4.      Pengaplikasian teknologi dalam pendidikan adalah penerapan model pembelajaran e-learning
5.      Teknologi dalam pendidikan memiliki dampak positif dan negatif.

B.  Saran
Hendaknya makalah ini bisa digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran dan semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi penyusun dan pembaca.







DAFTAR RUJUKAN

Ahmadi,Abu dan Nur Uhbiyati.2007.Ilmu Pendidikan.Jakarta:PT RINEKACIPTA
Darmawan,Deni.2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Jahurilatansamashiro,”Makalah Pengertian dan Ruang Lingkup Teknologi   Pendidikan” dalam  http://jahurilatansamashiro.blogspot.com/ diakses  pada tangga l 6 April 2016
Maunah,Binti.2009.Landasan Pendidikan.Yogyakarta:Teras
Nasution.1999.Teknologi Pendidikan.Jakarta:PT Bumi Aksara
Rochaety,Eti,dkk.2006.Sistem Informasi Manajemen Pendidikan  Jakarta:PT BumiAksara
Tirtarahardja,Umar dan La Sulo.2005.Pengantar Pendidikan.Jakarta:PT RINEKA CIPTA
Yunita sari manalu “Peran Teknologi Dalam Perkembangan Pendidikan Di Indonesia “ dalam  https://yunitasarimanalu.wordpress.com/2013/04/12/peran-teknologi-dalam-perkembangan-pendidikan-di-indonesia/ di akses pada 06 April 2015.




 



[1] Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan,( Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2007), hal.70
[2] Binti Maunah, Landasan Pendidikan,( Yogyakarta:TERAS, 2009), hal.1-3

[4]Nasution, Teknologi Pendidikan, (,Jakarta:PT Bumi Aksara,1999), hal.2
[5]Jahurilatansamashiro,”Makalah Pengertian dan Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan” dalam  http://jahurilatansamashiro.blogspot.com/ diakses  pada tangga l 6 April 2016

[6] Jahurilatansamashiro,”Makalah Pengertian dan Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan” dalam  http://jahurilatansamashiro.blogspot.com/ diakses  pada tangga l 6 April 2016


[7] Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran.  (Bandung:PT Remaja Rosdakarya. 2012), hal. 7
[8] Umar Tirtaraharjda dan La Sulo, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2005), hal.241-242
[9] Eti Rochaety.dkk, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, (Jakarta:PT Bumi Akasara,2006) , hal.76-77
[10]Yunitasarimanalu “Peran Teknologi Dalam Perkembangan Pendidikan Di Indonesia “ dalam  https://yunitasarimanalu.wordpress.com/2013/04/12/peran-teknologi-dalam-perkembangan-pendidikan-di-indonesia/ di akses pada 06 April 2015.

2 comments: